CSTR

Mei 25, 2009

kesetimbangan fase

Filed under: Uncategorized — Tag:, , — arindradita @ 3:13 pm

BAB I
1.1 LATAR BELAKANG
Larutan adalah fase yang homogen yang mengandung lebih dari satu komponen. Bila sistem hanya terdiri dari dua zat maka disebut larutan biner, misalnya alkohol dalam air. Menurut sifatnya dikenal larutan ideal dan non ideal. Jika larutan diuapkan sebagian, maka mol fraksi dari masing-masing penyusun larutan tidak sama karena ”volatilitas” ( mudahnya menguap ) dari masing-masing penyusunnya berbeda. Uap relatif mengandung lebih banyak zat yang lebih volatile dari pada cairannya. Hal ini dapat dilihat dari diagram kesetimbangan uap dan cairan pada tekanan tetap dan suhu tetap.
1.2 TUJUAN PERCOBAAN
Membuat diagram komposisi-suhu untuk larutan etanol-air
1.3 MANFAAT PERCOBAAN
Setelah praktikum Kesetimbangan Fase, mahasiswa diharapkan dapat memahami kesetimbangan antara dua fase cair-uap dari sistem campuran ( larutan ) yang terdiri dari dua komponen.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Larutan adalah fase yang homogen yang mengandung lebih dari satu komponen. Bila sistem hanya terdiri dari dua zat maka disebut larutan biner, misalnya alkohol dalam air. Menurut sifatnya dikenal larutan ideal dan non ideal. Larutan ideal adalah larutan yang gaya tarik menarik antara molekul yang sejenis dan tidak sejenis sama. Sedangkan larutan non ideal gaya tarik menarik antara molekul yang sejenis maupun yang tidak sejenis berbeda.
Jika larutan diuapkan sebagian, maka mol fraksi dari masing-masing penyusun larutan tidak sama karena ”volatilitas” ( mudahnya menguap ) dari masing-masing penyusunnya berbeda. Uap relatif mengandung lebih banyak zat yang lebih volatile dari pada cairannya. Hal ini dapat dilihat dari diagram kesetimbangan uap dan cairan pada tekanan tetap dan suhu tetap.
Pada percobaan kesetimbangan fase dipelajari diagram komposisi suhu pada tekanan tetap. Komposisi etanol dan air di fase uap ( yi ) dan cair ( xi ) pada berbagai suhu ditentukan dengan pengukuran densitas. Komposisi ini kemudian dipakai untuk membuat diagram Komposisi versus Suhu pada sistem larutan biner.
Destilasi adalah cara yang dipakai untuk membuat diagram kesetimbangan fase antara uap dengan cairan untuk sistem larutan biner ini. Tekanan uap komponen air dan etanol dari larutan ideal mengikuti Hukum Raoult :
PA = P0A XA (1)
PB = P0B XB (2)
Dengan :
PA = tekanan parsial Air
PB = tekanan parsial Etanol
P0A = tekanan uap murni Air pada suhu tertentu
P0B = tekanan uap murni Etanol pada suhu tertentu
XA = mol fraksi Air di dalam larutan
XB = mol fraksi Etanol di dalam larutan

Jika persamaan (1) dan (2) dimasukan ke persamaan Dalton, P = PA0 XA + PB0 XB, maka diperoleh persamaan :
P = PA0 XA + PB0 XB (3)
Dengan P adalah tekanan uap total dari sistem. Dalam larutan berlaku :
XA + XA = 1 (4)
Jika persamaan (4) dimasukan ke persamaan (3) diperoleh :
P = PB0 – ( PA0 – PB0 ) XA (5)
Hukum Raoult hanya dapat digunakan untuk larutan ideal atau larutan yang sangat encer, karena pada larutan encer, hubungan antara jumlah zat terlarut dengan tekanan uapnya merupakan fungsi linier ( semakin banyak solute, maka tekanan uap akan semakin kecil ), sedangkan pada larutan yang tidak encer, hubungannya tidak linier ( pengaruh jumlah solute terhadap tekanan uap tidak tetap ).
Dalam larutan yang mempunyai tekanan uap sistem yang lebih besar jika dibandingkan dengan hasil yang diperoleh dengan menggunakan hukum Raoult dikatakan sistem mempunyai deviasi positif ( larutan non ideal ), seperi ditunjukkan pada gambar 1 . Dikatakan deviasi negatif, jika tekanan uap larutan lebih rendah jika dibandingkan dengan hasil yang diperoleh dengan menggunakan Hukum Raoult

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: